5S, 5R, 5P

Pemahaman mengenai 5S, 5P, dan 5R

Kami juga menyediakan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, ISO 14001 Indonesia, ISO 14001 audit checklist, ISO 14001 Bahasa Indonesia Pdf, Pdf ISO 14001 Standard, Sejarah ISO 14001 Pdf, ISO 14001 Environment Management System, ISO 14001 Guidelines, ISO 14001 Guide, ISO 14001 Indonesia Pdf

5S merupakan teknik penanganan yang tepat untuk rumah, pabrik dan dimana saja. 5S berpengaruh langsung terhadap produktivitas. 5S adalah istilah Jepang untuk menggambarkan secara sistematik praktek housekeeping yang baik 5S merupakan akronim dari 5 kata Jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke.

    Seiri  –   Ringkas (Memilah)  (buang bendayang tidak perlu)
    Seiton   –   Rapi  (Penataan)(atur benda-benda dengan rapi)
    Seiso   –   Resik (Pembersihan)  (membersihkan terus-menerus)
    Seiketsu  –   Rawat (Pemantapan) (menjaga dalam standar yang baik)
    Shitsuke   –   Rajin (Pembiasaan) (latihan dan disiplin diri dengan   peningkatan berkelanjutan)

5R merupakan budaya tentang bagaimana seseorang memperlakukan tempat kerjanya secara benar. Bila tempat kerja tertata rapi, bersih, dan tertib, maka kemudahan bekerja perorangan dapat diciptakan, dan dengan demikian 4 bidang sasaran pokok industri, yaitu efisiensi, produktivitas, kualitas, dan keselamatan kerja dapat lebih mudah dicapai.

5R merupakan kumpulan dari kata Ringkas, Rapi, Rawat, Rajin Prinsip
RINGKAS adalah memisahkan segala sesuatu yang diperlukan dan menyingkirkan yang tidak diperlukan dari tempat kerja. Mengetahui benda mana yang tidak digunakan, mana yang akan disimpan, serta bagaimana cara menyimpan supaya dapat mudah diakses terbukti sangat berguna bagi sebuah perusahaan.

Prinsip RAPI adalah menyimpan barang sesuai dengan tempatnya. Kerapian adalah hal mengenai sebagaimana cepat kita meletakkan barang dan mendapatkannya
kembali pada saat diperlukan dengan mudah. Perusahaan tidak boleh asal-asalan dalam memutuskan dimana benda-benda harus diletakkan untuk mempercepat waktu untuk memperoleh barang tersebut.

Prinsip RESIK adalah membersihkan tempat/lingkungan kerja, mesin/peralatan dan barang-barang agar tidak terdapat debu dan kotoran. Kebersihan harus dilaksanakan dan dibiasakan oleh setiap orang dari CEO hingga pada tingkat officeboy.

Prinsip RAWAT adalah mempertahankan hasil yang telash dicapai pada 3R sebelumnya dengan membakukannya (standardisasi).

Prinsip RAJIN adalah terciptanya kebiasaan pribadi karyawan untuk menjaga dan meningkatkan apa yang sudah dicapai. RAJIN di tempat kerja berarti pengembangan kebiasaan positif di tempat kerja. Apa yang sduah baik harus selalu dalam keadaan prima setiap saat. Prinsip RAJIN di tempat kerja adalah “LAKUKAN APA YANG HARUS DILAKUKAN DAN JANGAN MELAKUKAN APA YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN”

5P knowledge management merupakan suatu proses perubahan sosial  dan pengembangan yang sistematis. Hal ini tentunya tidak dapat diwujudkan dalam waktu singkat. Untuk mencapai integrasi yang penuh dalam organisasi, knowledge management bergantung pada keseimbangan dan kesetaraan antara 5sistem inti, yaitu :

PLANNING, Perencanaan yang baik menentukan implementasi knowledge management yang baik. Perencanaan yang ada harus mencerminkan tujuan dari knowledge dan nilai serta proses apa saja yang dapat mewujudkan tujuan tersebut, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Perencanaan juga membutuhkan pengawasan dan penilaian untuk memastikan bahwa perencanaan tersebut terlaksana dengan baik. Pada tahap ini, kita mendefinisikan pengetahuan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana kita dapat membuat sistem dan proses untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

PEOPLE, Faktor berikutnya adalah pemilik dari knowledge dan individu yang menjalankan sistem dan proses yang ada, yaitu people atau manusia itu sendiri. Tanpa adanya komitmen dari individu yang menjalankan strategi ini, maka mustahil semua rangkaian kegiatan yang ada dapat terlaksana dengan baik. Nilai dan prinsip yang dipegang oleh perusahaan akan sangat menentukan bagaimana reaksi individu yang ada di dalam perusahaan tersebut terhadap knowledge management. Hal yang juga perlu diperhatikan adalah harus adanya keuntungan dalam hal ekonomi, sosial, maupun logistik yang akan dihasilkan dari penerapan knowledge management untuk mendapatkan komitmen dari individu yang ada.

PROCESS Selain individu dan perencanaan, kita juga harus memperhatikan faktor proses atau pelaksanaan dalam knowledge management. Prinsip knowledge management yang dijalankan tanpa proses yang baik tentunya akan mengalami kecacatan karena dilaksanakan melaluiproses yang tidak baik. Manajemen mempunyai andil yang sangat besar dalam pelaksanaan proses ini.

PRODUCT Hal ini merupakan output dari knowledge yang ada.  Setiap organisasi akan mempunyai produk knowledge yang berbeda beda satu sama lain nya. Produk yang dihasilkan dari proses penerapan knowledge management harus dipeliharadan tentunya harus dapat disebarkan ke seluruh bagian perusahaan, agar tujuan knowledge management tercapai. Explicit knowledge harus dipelihara dan didokumentasikan, sementara sumber dari embodied dan tacit knowledge harus diusahakan untuk didapatkan dan dapat diakses oleh orang lain.


PERFORMANCE Tentunya semua hal yang dilakukan akan menghasilkan suatu performa yang perlu diatur dan dijaga kualitasnya. Performa harus diukur karena perusahaan ingin mengetahui bagaimana pengaruh investasinya (dalam knowledge management) dapat mempengaruhi peningkatan efisiensi proses dan social dan intelectual capital yang dimiliki oleh individu dalam perusahaan tersebut. Knowledge management merupakan sebuah rencana jangka panjang dan melibatkan perubahan kultur, sehingga terdapat banyak tantangan dalam menilai kontribusinya terhadap tujuan perusahaan.

Hal ini menyebabkan performa knowledge management dan integrasinya terhadap bisnis harus direview secara reguler.


Segera Dapatkan CDnya !!!

Karena KESEJAHTERAAN PERUSAHAAN ada di Tangan Anda

Ir. Agus Setiyawan, MM, CHEM. ENG 
+6281 556 711 744 (Indosat)
2B82 1256 (pin BBM)

Jalan Ikan Piranha Atas V/I . Tunjungsekar Kec. Lowokwaru Malang 65142

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Upload by | Rita Fitria Purwoistri | +6285 755 868 698

Tidak ada komentar:

Posting Komentar